Bersyukurlah : Badai Itu Akan Berlalu

Terimalah dengan hati yang lapang, jangan terlalu mengeluh dengan apa yang terjadi hari ini. Karena semua pekerjaan yang kita lakukan pasti ada kendala yang menghambat. Lihat saja para nelayan, ketika lautan berobak besar, kapal-kapal mereka harus bersandar di dermaga.

 

Kapal-kapal Nelayan di Palabuhan Perikanan Nusantara Kuala Idi Aceh Timur, saat bersandar di dermaga tidak dapat melaut karena dalam sepakan terakhir ombak laut besar. (Foto : @ilyasismail)

 

Berapa banyak jumlah nelayan yang harus menganggur dan berdiam diri dan tidak dapat melaut untuk menangkap ikan. Pernahkah kita mengambil hikmah dari itu?. Saat laut berombak besar, para nelayan senantiasa harus berkatifitas di rumah bersama keluarga, ini merupakan salah satu hikmah yang sangat beharga. Jika laut selalu teduh, tentunya nelayan pun tidak pernah libur untuk melaut. Apalagi kapal-kapal nelayan ukuran besar, mereka terkadang sepuluh hari sekali baru pulang.

Kondisi laut tidak selamanya berombak dan badai, ada masanya teduh dan tenang. Ketika laut teduh tidak berombak besar nelayan pun akan melaut dan menagkap ikan-ikan yang telah Allah ciptakan. Mari kita bersyukur setiap saat. Kita juga harus sadar dan percaya bahwa apapun yang Allah tetapkan adalah suatu kebaikan.

 

Ketika Kapal Besar tak dapat melaut perahu-parahu kecil dapat menangkap ikan bilis di pinggiran yang tidak berombak. (Foto : @ilyasismail)

 

 

Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu,

padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 216).

 

Letakkanlah ayat di atas sebagai pedoman kita untuk menjadikan hati kita tenang dan selalu bersyukur atas apapun rahmat yang telah Allah berikan kepada kita semua. Semoga laut cepat teduh dan nelayan dapat kembali melaut untuk mencari nafkah. Jangan Tunda Bahagia.

By : @ilyasismail

Please Follow Me in Steemit.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *