Konsep Citizen Journalism Berbasis Isu Lingkungan

Citizen Journalism merupakan aktivitas jurnalitik yang dilakukan oleh warga,maksudnya Citizen Journalism bukan dari kalangan wartawan yang berperan penting dalam proses pelaporan dan observasi untuk mengemas dalam sebuah laporan berita yang dapat disebarkan melalui Medsos atau media online. Nah pada artikel ini saya ingin menulis tentang peran efektif Citezen Journalism untuk mengedukuasi masyarakat tetang terjadinya kerusakan lingkungan di pemukimannya masing-masing.

Konsep Citizen Journalism ini sudah dimulai oleh media-media online di Indonesia seperti yang dilakukan oleh media online Acehsatu.com, bekerjasama dengan World Wide Fund for Nature (WWF) North Sumatera melalui Program Shares Resource Joint Solution (SRJS) telah melakukan pelatihan jurnalisme warga bagi masyarakat di kawasan Lansekap Peusangan, Jambo Aye dan Aceh Tamiang, , sejak Rabu 5 sampai dengan 6 September 2018 di Hotel Kriyad Muraya Banda Aceh, Indonesia.

Saya sendiri dari media online Acehsatu.com ikut menjadi pemateri dalam acara pelatihan tersebut. Citizen Journalism untuk lingkungan merupakan hal yang sangat penting, karena secara langsung warga dapat melaporkan apa yang terjadi dilingkungan sekitar Anda yang berubah menjadi buruk, sehingga keadaannya tidak lagi memberi kenyaman bagi Anda.

Tentunya untuk membuat perubahan, Anda dapat mulai dengan sebuah laporan yang Anda buat sendiri dari hasil observasi yang Anda lakukan sendiri di sekitar Anda, atau tentang apa yang sedang terjadi dilingkungan Anda sendiri. Ketika orang lain cuek dengan lingkungan Anda, maka Anda dapat mengambil peran untuk melaporkannya yang Anda kemas dalam sebuah berita atau tulisan, tanpa memikirkan reward yang akan Anda dapatkan. Sehingga hasil dari laporan tulisan Anda akan memberikan perubahan terhadap kerusakan lingkungan yang tersjadi di sekitar Anda.

Ditengah kemajuan informasi publik, Anda dapat menyalurkan gerakan edukuasi lingkungan melalui Citizen Journalism menggunakan media online, medsos untuk membuat sebuah perubahan besar terhadap lingkungan Anda sendiri. Dengan berbagai warna media online dan medsos saat ini Anda dapat menciptakan sebuah hastag misalnya #saveenvironment, seperti di platform steemit.com.

Dipllatform steemit ini Anda juga dapat menulis tetang kerusakan lingkungan yang terjadi di sekitar Anda. Sehingga kampanye tentang pelestarian lingkungan semakin intern dan dapat dilakukan oleh semua elemen masyarakat. Saya yakin lewat tulisan Citezen Jurnalism akan mengetuk hati para pengambil kebijakan untuk lebih komit dalam menjaga lingkungan dan juga dapat menjadi laporan awal bagi penegak hukuk untuk melakukan tindakan dan penyelidikan terhadap kasus-kasus perusukan lingkungan, seperti penebangan liar, pemburuan satwa, dan perusakan lingkungan dengan hadirnya tambang ilegal di sekitar Anda.

Konsep Citizen Journalism merupakan konsep pasang mata sebagai pihak yang paling tepat dalam menjaga terjadinya kerusakan lingkungan dari tangan –tangan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Dan Citizen Journalism juga cara efektif untuk menditeksi titik yang dapat menimbulkan bencana alam dari efek yang ditimbulkan dari kerusakan lingkungan.

BACA ACEHSATU.COM DISINI

Citizen Jurnalism merupakan salah satu garakan kesadaran warga untuk menjaga lingkungannya mulai dari rumahtangga hingga ketingkat yang paling luas. Melalui konsep Citizen Journalism pihak Pemerintah dalam hal ini Kementrian Lingkungan Hidup akan memperoleh data yang akurat dan fakta tetang kerusakan lingkungan di seluruh wilayah Indonesia Raya. Jangan Tunda Bahagia, berbahagialah senantiasa dan bersyukurlah.

By : @ilyasismail

SALAM KOMUNITAS STEEMIT

Please Follow Me in Steemit.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *