Menggunakan Helm Bukan Untuk Polisi

Banyak orang engan menggunakan helm saat mengendrai sepeda motor dengan alasan dapat merusak rambutnya yang baru saja ditata rapi, banyak perempuan cantik yang engan menngunakan helm karena kecantikannya tidak kelihatan. Mereka tidak sadar akibat yang ditimbulkan karena tidak menggunakan helm ketika terjadi kecelakaan.


Source Image


Kepala kita yang ditumbuhi rambut yang tertata rapi, tiba-tiba berubah menjadi botak karena harus di cukur oleh para medis untuk menjahit luka-luka yang terkoyak di kepala akibat benturan. Wajah sang gadis yang mulanya mulus dan tidak berjerawat tiba-tiba berubah menjadi jelek, dengan bekas luka jahitan para medis. Lucunya ada gadis cantik berparas ayu, setelah mengalami kecelakaan sebagaian rambut di kepalanya telah menjadi botak, begitu kelihatan cowok idaman, lalu sang cowok memutuskan cinta akibat kepala sang cewek telah botak.

Bicara wajah menjadi jelek, kepala menjadi botak, mungkin hal yang biasa bagi orang-orang yang berwatak bandel. Bagaimana akibat kecelakaan otak kita menjadi geger, atau terjadi pembukaan darah di otak yang mengakibatkan kita kehilangan kesadaran. Memang kita akui umur kita itu telah ditentukan oleh Tuhan, tetapi mencegah sebelum terjadi merupakan usaha kita yang lebih baik. Meski selama ini sosialisas menggunakan helm yang standart terus di lakukan oleh Pihak Kepolisian Satuan lalu lintas di Negara ini, namun angka kesadaran masyarakat banyak masyarakat kita untuk menggunakan helm sebagai pengaman kepala dari benturan masih diabaikan.

Pada artikel ini saya ingin mencontohkan, manfaat safety helm. Mungkin Anda semua sering menonton Kejuaran Moto GP, para pembalap menggunakan pakaian jecket pengaman dan helm, ketika mereka jatuh dalam kecepatan tinggi, para pembalab dapat bangun kembali mereka tidak terluka dan dapat melajutkan balapan di sirkuit. Lihat Video di bawah ini:

Jika Anda terjatuh saat mengendrai sepda motor Anda, tanpa menggunakan helm, mampukan Anda bangun dan melanjutkan perjalanan. Mungkin saja mampu, jika masyarakat sekitar menolong Anda lalu menaikkan Anda ke Ambulance dan mengevakuasi Anda ke Rumah Sakit untuk penanganan medis.

Baru-baru ini saya pernah wawancara dengan seorang Polisi lalu lintas di Kesatuan Lantas Polres Aceh Timur, Provinsi Aceh, Indonesia. Katanya setiap hari ketika pihaknya melakukan operasi penertiban di jalan lintas Banda Aceh-Medan, dalam waktu dua jam, pihak kepolisian lantas berhasil mengamankan sedikitnya 20 pengguna kendaraan roda dua yang tidak menggunakan helm. Angka tersebut menurut personil Polisi tersebut masih sangat tinggi. Dan saya melihat langsung, personil polisi tidak menyetop pengguna sepeda motor yang menggunakan helm, dan spion dua serta menghidupkan lampu. Sasaran Polisi lantas adalah pengguna sepeda motor yang tidak menggunakan helm.


Aipda Mulyadi Satuan Polisi Lalulintas Polres Aceh Timur saat memberi pengarahan kepada masyarakat pengguna sepeda motor yang tidak menggunkan helm dan terjaring operasi penertiban Satuan Lantas Polres Aceh Timur di Kawasan Tertip Lalulintas.

Menurut Kasat Lantas Polres Aceh Timur, Iptu Ritian Handayani, SIK, kepada penulis mengatakan, dalam tahun 2018, 50 % korban Kecelakaan pengguna sepeda motor dalam wilayah Aceh Timur, yang tidak mengunakan helm meninggal dunia, kerena mengalami cedera kepala yang serius.

Pekerjaan Polisi sangat mulia dalam hal ini, meminta masyarakat untuk menggunakan helm agar mereka selamat kepalanya saat terjadi kecelakaan. Rasanya sangat aman jika kita menggunakan helm dan dengan kelengkapan kenderaan yang lengkap karena Polisi Lantas menjadi bengong melihat kita lewat saja. Toh kita menggunakan helm, dan kenderaan yang lengkap, mau bilang apa Polisi Lalulintas, pasti mereka mempersilahkan kita jalan dengan mulus.


***Personil Polisi Lalulintas Polres Aceh Timur saat mengelar penertiban pengguna jalan di Kawasan Tertip Lalulintas Kota Idi Rayeuk, Aceh Timur.


Padahal kalau Polisi engak sayang sama kita yang tidak menggunakan helm pasti mereka tidak menghentikan kita. Jadi menggunakan helm itu bukan untuk Polisi, tetapi untuk menjaga kepala Anda jangan botak dan menjaga wajah Anda jelita, agar kekasih Anda tidak meninggalkan Anda. Jangan Tunda Bahagia. Ayo Gunakan Helm Standart saat mengedrai kenderaan roda dua, dan gunakan sabuk bagi Anda pengguna mobil.

FOLLOW- UPVOTE- RESTEEM

Please Follow Me in Steemit.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *