Dalam hidup ini hendaklah kita terus berusaha untuk kemajuan. Pada prinsipnya setiap kita meninggalkan sesuatu yang lama, kita dapat mencari yang baru dan sempurna, serta memuaskan. Hadih Maja Aceh telah mengajarkan kita tentang hal ini :

Menye Taboh Bungkoh Beuneung, Beutateumeung Bungkoh Sutra

(Jika kita buang bungkus benang, hendaklah kita peroleh bungkus sutra)

Kita jangan pernah menyerah untuk memantaskan diri lebih baik, berusaha, berusaha, berusaha adalah kewajiban kita sebagai manusia, Allah SWT yang akan menentukan hasil dari usaha kita. Firman Allah :

“Dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya, dan sesungguhnya usahanya itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya), kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna.”
(An-Najm 39-41)

Tidak ada kata menyerah dalam berusaha dan kita tidak boleh berhenti untuk melakukan pekerjaan yang kita geluti saat ini, dan kita juga terus bersyukur yang telah kita dapatkan saat ini, karena itulah pilihan Allah kepada kita. Belum tentu yang kita inginkan itu terbaik buat kita, Allah maha mengetahui apa yang terbaik buat kita semua. Jika gagal dan berhasil terhadap usaha kita itu adalah hal yang biasa, kita jangan berputus asa.

Bermacam-macam puluang usaha dapat kita kerjakan di dunia ini, apak kita masih juga mengatakan bahwa tidak ada pekerjaan yang tepat buat kita. Untuk berusaha sungguh-sungguh kita dapat memilih bidang usaha sesuai dengan kemampuan kita. Seperti kata hadih maja di bawah ini :

Bideung Hareukat Blang Ngen Lampoh

(Bidang harkat sawah dan kebun)

Hari ini kita mendiami di Negara Indonesia yang agraris, sawah dan kebun adalah adalah tempat usaha kita yang terbaik. Kenapa kita tidak memanfaatkan lahan-lahan sawah dan kebun yang ada di sekitar kita sebagai tempat usaha kita untuk mencari penghidupan yang lebih layak, sehingga ketahanan pangan di daerah kita tidak bergantung kepada hasil pertanian negara lain.

“Kami telah menjadikan untukmu semua didalam bumi itu sebagai lapangan mengusahakan kehidupan (bekerja) ; Tetapi sedikit sekali diantaramu yang bersyukur.”
(QS. A’raf : 10)

Pemahaman sangat luas, bahwa Agama Islam telah membuka peluang kepada muslim untuk dapat memilih pekerjaan sesuai dengan kemampuan kita, akan tetapi masih banyak diantara kita ini yang engan untuk berusaha. Dengan teramat jelas dan gamblang betapa Allah dan Rasul-Nya memerintahkan seseorang untuk bekerja. Berusaha adalah sebuah ibadah orang-orang yang suka berusaha dan bekerja termasuk juga orang-orang yang taat kepada Allah SWT.

Kata guru saya. “Bekerja itu bukan saja untuk mengisi kehidupan kita dan keluarga semata, tetapi bekerja juga adalah ibadah”. Untuk itu marilah kita berusaha semasih kita mempunyai waktu, dan kita juga jangan melupakan bahwa kita wajib beribadah kepada Allah SWT. Jangan Tunda Bahagia.

By: @ilyasismail

SALAM KOMUNITAS STEEMIT INDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *