Quantum Hadih Maja Aceh

Bicara leteratur Quantum berarti banyaknya sesuatu, atau dapat kita katakan Quantum adalah sebuah studi mendapatkan nilai gerakan. Dalam artikel ini saya ingin menulis studi gerakan untuk mencari nilai-nilai motivasi hati dalam susunan baris Hadih Maja Aceh, atau kata bijak Aceh. Kita menemukan pergerakan energi potensial atau Quantum Teaching dalam bait dan kata Hadih Maja Aceh yang berhubungan dengan sesutu kekutan dalam diri manusia untuk membangkitkan semangat positif thingking.

Quantum Hadih Maja Aceh merupakan salah satu metode yang mudah untuk kita ikuti dan pelajari oleh semua masyarakat Aceh dalam mengaktifkan kekuatan dasar dalam diri kita, seperti pengedalian diri, membangkitkan nilai spritual, untuk panduan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, untuk menciptkan gerakan positif dalam setiap kegiatan kita.

Tahukah Anda, setiap benda itu mempunyai energi, seperti ilmu fisika quantum, bahwa benda padat jika dibelah menjadi bagian kecil merupakan kumpulan molekul, jika molekul dibelah lagi kepada bagian terkecil akan tersusun atas atom dan partikel yang bergerak dan bekerja pada tingkat quanta yang membentuk energi. Hadih Maja merupakan suatu perkataan pribahasa atau pepatah yang mengandung unsur filsafat yang digunakan sebagai nasehat yang mengandung nilai energi yang positif sebagai pedoman kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Source Becground Image

Banja Ube Jiplueng, bulueng ube jiteka

(Baris sebesar larinya, andil sebesar datangnya)

Dapat kita ambil pengajaran pendidikan motivasi dalam Hadih Maja di atas, bahwa sesuatu pekerjaan itu harus berjalan pada koridornya, atau dapat kita lakukan dengan sewajarnya. Quantum pergerakan hati untuk melakukan sesuatu pekerjaan nampak terkandung dalam bait hadih maja di atas. Kita dapat mengamalkan hadih maja untuk merubah pola pikir kita sendiri terlebih dahulu dan dapat diamalkan oleh semua orang. Terpenting yang utama kita dapat membentuk karakter diri lewat quantum hadih maja Aceh. Seperti bait Hadih Maja di bawah ini :


Source Becground Image

Menye tabloe bajee ta uko bak badan droe teuh ilee

(Jika Anda membeli baju, ukurlah di badan Anda sendiri dulu)

Dapat kita ambil pergerakan quantum dalam hadih maja tersebut, bahwa sebelum menilai orang lain, akan tetapi kita harus menilai diri sendiri lebih dahulu. Banyak Hadih Maja Aceh yang mengandung energi motivasi untuk mengerakankan tatanan kehidupan yang lebih positif. Banyak Hadih Maja Aceh dengan tulisan sastra yang megandung nilai-nilai agama. Dapat kita pastikan hampir semua nariet maja Aceh dilandasi nilai-nilai yang sesuai dengan ajaran Agama Islam. Niat yang ikhlas merupakan sebuah amalan penting dalam agama Islam sebagaimana sabda Rasulullah SAW, Sesungguhnya amal perbuatan itu tergantung niat (Bukhari- Muslim). Jadi segala perbuatan itu yang kita lakukan sangat tergantung dengan niat kita semua. Perhatikan Hadih Maja di bawah ini :



Source Becground Image

Menye teupat niet ngen kasat, laot darat Tuhan peulara

(Jika lurus niat dan perbuatan, laut dan darat Tuhan pelihara)

Niat itu sudah pasti perkataan hati, bukan ucapan mulut. Nah kita menyoal tentang bahasa hati, sebuah pergerakan energi bahasa hati terkandung dalam hadih maja Aceh yang menggerakan rasa dan perasaan dari bahasa hati. Gerakan energi motivasi hadih maja Aceh bermula dari hati. Gerakan ucapan dari hati nenek moyang kita dalam ucapan bait hadih maja, maka ia akan sampai kehati pula, yaitu kehati kita hingga hari ini. Salam Quantum Hadih Maja. Jangan Tunda Bahagia.

Please Follow Me in Steemit.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *