Quantum Hadih Maja : Gop Meuaneuk Geutanyoe Madeung

Gop Kap Capli Geutanyoe Nyang Keueng, Gop Meuaneuk Geutanyoe Madeung

(Orang Lain Makan Cabe kok kita yang kepedasan, Orang lain yang beranak kok kita yang Bersalin)

Hadih Maja di atas menasehati kita agar jangan mencampuri urusan orang lain, mencampuri urusan orang lain bukan saja tidak disukai oleh masyarakat kita di Aceh dan Indonesia, tetapi orang ditengah-tengah masyarakat Eropa hal ini juga tidak disukai. Di Eropah jika kita mencampuri urusan orang lain, mereka akan berkata kepada kita “Mind your business” (Urus Saja Urusan Mu).

Source Iamge

Kadang kita tidak menyadari, mencampuri urusan pribadi orang lain, kita akan terbawa dalam praduga dan prasangka buruk terhadap orang lain, karena kita tahu secara pasti permasalahan yang dialaminya.

Secara tak sadar juga kita sering menyadarkan orang lain, tetapi kita lupa untuk menyadarkan diri kita sendiri. Selalu kita beresin rumah orang lain, rumah kita sendiri berantakan. Kita harus menyadari bahwa hidup kita ini tidak selamanya benar, namun agar kita lebih baik, maka kita harus berusaha untuk memperbaiki diri kita sendiri.

Kita juga harus tanamkan niat kita untuk tidak berminat mengurusi urusan orang lain, supaya kita tidak mengikuti gaya hidup orang lain. Hati-hati juga kita untuk tidak mencela sesama. Kita juga harus waspada dan hati-hati, akibat yang ditimbulkan dari mencapuri urusan orang lain, secara tak sadar juga kita dapat terjerumus kepada sifat membenarkan yang salah, menyalahkan yang benar. Simak Hadih Maja di bawah ini:

Nyang Na Bek Ta Peutan, Nyang Tan Bek Tapeuna

(Yang ada jangan ditiadakan, yang tiada jangan mengada-ngada)

Tidak kita sadari kita telah mengada-ngada, atau mengarang cerita bohong kepada orang lain. Bahkan kita juga mengarang cerita yang tidak ada untuk diri kita sendiri. Bahkan kita tidak peduli lagi larangan dan menghalalkan segala cara, untuk mendapatkan pembenaran. Perbuatan menghalalkan segala cara bertentangan dengan agama kita.

Sadarilah memperbaiki diri sendiri lebih bermanfaat dari mengurusi urusan orang lain, dan hidup di dunia ini lebih baik salaing mengisi ilmu agama, ilmu pengetahuan, agar kita semua menjadi orang-orang yang cerdas dan bermanfaat untuk orang banyak. Jangan Tunda Bahagia.

By: @ilyasismail

SALAM KOMUNITAS STEEMIT INDONESIA

Please Follow Me in Steemit.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *